membuat database dengan php dan mysql

Mau Belajar Pemrograman Komputer disini tempatnya www.visitechsolo.com

Oke tulisan saya ini adalah bagaimana kita membuat database di shell dengan perintah sql dan akan saya lanjutkan bagaimana membuat dan menggabungkan perintah sql buat database dengan php, pelajaran ini adalah pelajaran yang sangat dasar karena perintah buat database adalah perintah yang sangat penting pada pembuatan database itu sendiri, sebelum kita belajar perintah-perintah dasar di mysql, oke saya harap anda telah dapat menggunakan comand shell untuk pembuatan database : langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. buka command shell di ubuntu anda setelah itu ketikan perintah :

krida85@ubuntu-hardy:~$ sudo /etc/init.d/mysql start

maka akan tampil :

[sudo] password for krida85: xxxxxx

* Starting MySQL database server mysqld     [ OK ]

oke berarti mysql anda sudah dapat berjalan dengan baik

2.langkah ke dua adalah masuk ke mysql denga perintah :

krida85@ubuntu-hardy:~$ mysql -u root -p
Enter password: xxxxxx

maka akan tampil :

Your MySQL connection id is 26
Server version: 5.0.51a-3ubuntu5.4 (Ubuntu)
mysql>

3. setelah langkah kedua berhasil mari kita mencoba membuat database baru :

mysql> CREATE DATABASE krida85;
Query OK, 1 row affected (0.00 sec)

4. setelah pembuatan databases selesai mari kita lihat apakah database berhasil dibuat dengan perintah lihat database:

mysql> SHOW DATABASES;

+——————–+
| Database           |
+——————–+
| krida85            |
+——————–+
26 rows in set (0.00 sec)

langkah-langkah 1-4 adalah langkah membuat database dengan perintah mysql di shell komputer , terus bagaimana membuat perintah php dan mysql untuk membuat database, caranya begini

1.langkah pertama adalah buat script php anda secripnya seperti ini:

<?php
$link
= mysql_connect('localhost', 'root', 'krida85');
if (!
$link) {
die(
'Could not connect: ' . mysql_error());
}

$sql = 'CREATE DATABASE krida85php';
if (
mysql_query($sql, $link)) {
echo
"Database krida85php berhasil dibuat\n";
} else {
echo
'Error creating database: ' . mysql_error() . "\n";
}
?>

SIMPAN FILE TERSEBUT DI ROOT ANDA BIASANYA DI /VAR/WWW atau juga disebut di htdocs
setelah itu buka browser anda di http://localhost/krida85php.php jika ada tulisan :

Database krida85php berhasil dibuat

bearti anda telah berhasil membuat perintah buat database dangan php dan mysql , mudah kan.

2. buat membuktikan databases anda berhasil dibuat ketikan perintah di mysql anda dengan :

mysql> SHOW DATABASES;

+——————–+
| Database           |
+——————–+
| krida85

|krida85php      |
+——————–+
26 rows in set (0.00 sec)

mungkin tulisan saya ini adalah tulisan paling dasar bagianda yang ingin belajar php dan mysql , semoga bermanfaat bagi anda semua

salam dari

krida prasetia

Comments
7 Responses to “membuat database dengan php dan mysql”
  1. Wiswa mengatakan:

    wah, pake cmd mah dah gak jaman mas, btw tenx atas infonya..

  2. krida85 mengatakan:

    #wisma : dulu saya juga sering berfikir seperti itu” ngapain sih susah2 pakai cmd alias dunia “HITAM” , sekarang kan dah jamanya GUI, tapi setelah aku pikir2 apa sih salahnya kalau aku bermain di dunia cmd”( aku sendirikan sering bermain coding” php dan mysql pasti tidak akan bermasalah kalau aku belajar cmd”. dan akhirnya saya mengetahui bahwa dunia “Layar Hitam” adalah dunia yang menarik untuk dipelajari, penuhh dengan hal-hal yang baru”. contohnya sepele saja, kamu ingin memindahkah database mysql kamu dengan lebih dari ratusan tabel dan jutaan file” mana mungkin itu dapat dilakukan oleh dunia GUI”… dan pasti jawabanya adalah “DUNIA layar Hitam”

  3. aram mengatakan:

    dua duanya emank ada untung ruginya..
    btw.
    contoh perancangan data base ada yang lebih full ngak..?

  4. cahya mengatakan:

    mas kalau gui pake apa biasanya???

  5. freezipe mengatakan:

    gak ngerti,,

  6. Leo girl's mengatakan:

    mz caranya kok g sama kayak yang di ajarin ma guru aku y,,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: