administrator koha dengan linux server

mungkin judul diatas agak aneh di telinga anda , karena secara garis besar tulisan ini akan menawarkan tutorial bagaimana mengintalasi program koha di komputer server anda, mungkin agak sulit bagi kita menginstall koha karena pada dasarnya tidak semudah kita menginstal program aplikasi berbasis php, seperti cms dan aplikasi sistem informasi atau erp berbasis php. dan alkhamdulillah saya sendiri belajar intalasi koha dari senior saya yang merupakan adminstrator server di perpustakaan universitas muhammadiyah surakarta yaitu mr yadi, dan pada dasarnya saya ingin menawarkan tutorial lengkap membuat aplikasi library atau perpustakaan dengan menggunakan koha, tutorial tersebut berisi intalasi server sendiri menggunakan linux dan bagaimana cara menginstal program koha agar bisa berjalan di komputer server dan juga client, sehingga dapat di manfaatkan untuk administrasi perpustakaan digital, karena koha sendiri menggunanak 2 model database yang bisa mendukung penyimpanan data samapai lebih dari milyaran data. bagi anda yang tertarik tutorial intalasi koha di komputer server linux dapat menghubungi email saya di dan saya berharap denga tutorial tersebut anda dapat belajar bagaimana menggunanan linux sebagai server untuk aplikasi koha dan bagi anda yang belajar linux insyaalah akan membantu anda untuk bisa lebih mahir :

krida84@yahoo.co.id atau via YM di prasetya_kridaprasetyaatau juga dapat mengirimkan comment anda di blog ini, insyaallah kami akan merespon tanggapan anda. trimakasih atas kunjungan anda

salam dari krida prasetya

Comments
9 Responses to “administrator koha dengan linux server”
  1. A. Supriadi mengatakan:

    Assalamualaikum Wr.Wb Mas Krida Yth.

    Alhamdulillah saya ketemu situs anda ini, saya kepengen sekali menguasai koha ini sampai ke susum-susumnya.

    Saya hanya mendpt training dari orang WHO India yg menginstall koha di perpustakaan kami, pengetahuan yg saya ketahui saat ini , baru :
    -Setup MARC di koha dan Data entri
    -krn perpus km tdk melayani peminjaman sy tdk di train untuk modul sirkulasinya

    Oleh karena itu berterima kasih sy kebtulan membaca tulisan Anda, saya berminat mempelajari dari tulisan anda ttg koha apapun topiknya

    terima kasih, semoga anda mw membantu saya

    salam hormat,
    Agus Supriadi
    staf perpus depkes

  2. krida mengatakan:

    Trimakasih atas tanggapan anda” untuk lebih lanjutnya anda dapat menghubungi kami di YM prasetya_kridaprasetya , kami bersedia memberikan traning ataupun jika anda mau study banding dapat menghubungi kami di perpustakaan universitas muhammadiyah surkarta , karena kami telah mengaplikasikan koha untuk aplikasi perpustakaan kami dari data entri sampai sirkulasi peminjaman

    salam dari
    krida prasetya

  3. mas Yadi mengatakan:

    Asaalamu’alaikum wr. wb.

    Ra popo mas Wargo UMS, mas Krida Mahasiswa UMS, pancene beliau kekendelen, tapi trus konfirmasi ke admin Perpus UMS.
    Ini sekaligus sebagai konfirmasi dari admin-nya Perpus UMS, saya sangat senang jika ada juga yang menerapkan Koha di Indonesia, ada temannya.

    Kami telah memakai Koha (Versi 3.0 with Zebra dalam Server Ubuntu) sejak Januari ’08. Alhamdulillah, sampai sekarang telah berjalan dengan baik dan masih kami sempurnakan terus secara bertahap.
    Dalam mengimplementasikan koha, kami tidak mempunyai konsultan, hanya menggunakan dokumentasi yang ada di internet dan bergabung di milis-nya koha.

    Jika mas Agus Supriyadi ingin menguasai sampai ke sumsum-sumsumnya, mungkin ada baiknya sharing dengan kami (Perpustakaan UMS).

    Impian kami adalah menerapkan Union Katalog menggunakan protokol Z39.50 sebagai alternatif OAI yang sekarang mulai banyak digunakan, Z39.50 sangat baik untuk data yang jumlahnya sangat besar. Koha telah mensuportnya dengan baik, jika Perpus Depkes meng-online-kan Z39.50 server, kita dapat membuat Union Katalog antara Perpus UMS dengan Perpus Depkes. Mungkin nanti kalau ada sistem katalog lain yang memasang z39.50 server dapat dagabungkan juga (tidak terpancang dengan Koha saja)

    Sekian dulu.

    Salam Hormat Saya,
    Suyadi
    Staf IT Perpustakaan UMS
    http://library.ums.ac.id

  4. Arie mengatakan:

    salam,

    saya ingin menanyakan bagai mana memasukan images buku untuk tampilan di opac pada KOHA. Saya sedag mengentri data buku ke dalam KOHA namun tidak menemukan bagaimana memasukan images tadi.

    Sebenarnya saya tidak mengerti sama sekali tentang program ini.

    mohon bantuannya

    Trimakasih

  5. hanif mengatakan:

    ass.
    menananggapi tulisan mas mengenai install aplikasi koha, saya jadi bermionat ingin mempelajarinya

    mohon petunjuk ny.
    langsung balas ke email j ya mas
    atas perhatainnya terima kasih
    wassalam

  6. ruzaini mengatakan:

    salam,
    Saya berminat untuk menggunakan sistem Koha,
    saya Telah beberapa kali install koha di dalam sistem UBUNTU. Tetapi hasilnya “KOHA ERROR”
    , Boleh bantu saya??

  7. krida85 mengatakan:

    maaf errornya seperti apa.. trus sekarang anda dimana”.. sebenarnya saya ingin membuat Class kusus Koho profesional tapi harap maklum tempatnya hanya bisa di Solo saja…

  8. rizki mengatakan:

    wah menarik nih mas bisa minta tutorialnya ? saya menggunakan Linux opensuse ingin memasang Koha?
    tolong di tindak lanjutin

  9. Suyadi mengatakan:

    Koha Live CD now available here

Tinggalkan Balasan

