SISTEM INVENTARIS OBAT

Program Inventory (Apotik) pada intinya terdiri dari 3 bagian dengan kemampuan tiap-tiap bagian sebagai berikut:
1. Transaksi, menangani:
* Gudang
o Pembuatan Purchase Order/Surat Permintaan Kerja (SPK)

Dalam menu pembuatan purchase order terdapat beberapa fungsi:pencatatan data pembuatan purchase order baru, fungsi pengkoreksian pembuatan purchase order, pembatalan pembuatan serta pencetakan data purchase order.

o Penerimaan Barang

Dalam menu terima barang dapat dilakukan fungsi pencatatan data penerimaan barang baru sesuai dengan bukti pengadaan barang, pengkoreksian kesalahan pencatatan maupun pembatalan pencatatan serta pencetakan data penerimaan barang.

o Retur Barang

Menu retur barang ditujukan untuk mengakomodasi pencatatan pengembalian barang setelah pengadaan yang dimungkinkan terjadi karena ketidaksesuaian maupun kerusakan. Dalam menu retur barang dapat dilakukann fungsi pencatatan data barang yang dikembalikan, pengkoreksian, pembatalan pencatatan dan pencetakan data pengembalian barang.

o Penganti Barang Retur

Pada proses pengadaan barang dengan adanya pengembalian barang akan terjadi proses penggantian barang yang dikembalikan, sehingga perlu dilakukan pencatatan barang yang diganti dan yang menggantikan, serta fungsi pengkoreksian, pembatalan data dan pencetakan data penggantian barang retur.

o Pembayaran

Proses selanjutnya dalam pengadaan barang apotik dalah pembayaran pembelian barang persediaan apotik. Dalam aplikasi ini dapat dijalankan fungsi pencatatan pembayaran dan bukti pembayaran pengadaan barang, status pembayaran dan pencetakan data pembayaran pengadaan barang.

* Transaksi Apotik

Merupakan aplikasi yang mengakomodasi fungsi utama penjualan maupun permintaan barang persediaan berdasarkan bukti permintaan resep untuk setiap klien. Dalam aplikasi ini dapat dilakukan pencatatan data klien penerima barang, jenis barang yang dikeluarkan serta pembayarannya. Dimungkinkan pula untuk melakukan pengkoreksian pemasukan data maupun pembatalan dan pencetakan data yang dapat digunakan sebagai kopi resep.

2. Informasi, menyajikan informasi dalam satu kurun waktu tertentu sesuai kebutuhan, meliputi:
* Daftar barang: menyajikan informasi data barang dalam persediaan
* Daftar pemasok: menyajikan informasi daftar pemasok berikut data identitas pemasok yang diperlukan
* Stock gudang utama : menyajikan informasi status persediaan dalam gudang utama, misalkan kondisi stok akan habis atau tidak menurut setiap jenis.
* Penerimaan petugas : menyajikan informasi jumlah penerimaan masing-masing petugas pelayanan dalam satu kurun waktu tertentu
* Barang masuk ; menyajikan informasi jumlah dan data barang persediaan yang masuk atau diterima di gudang dalam satu periode tertentu
* Barang keluar : menyajikan informasi jumlah dan data barang persediaan yang didistribusikan dari gudang pada satu periode tertentu
* Pembuatan PO : menyajikan informasi rekapitulasi purchase order (SPK) yang telah dibuat dalam satu periode terntu
* Terima Barang : menyajikan informasi nota penerimaan barang dalam satu periode tertentu
* Pengembalian Barang : menyajikan informasi nota dan data pengembalian barang dalam satu periode tertentu
* Transaksi Apotik : menyajikan informasi rekapitulasi transaksi penjualan obat dan alat kesehatan dari apotik
3. Laporan, menyajikan laporan dalam satu kurun waktu tertentu sesuai kebutuhan dengan disertai fasilitas mencetak, meliputi:
* Laporan Order Gudang Berdasarkan Barang
* Laporan Order Gudang Berdasarkan Supplier
* Laporan Terima Gudang Berdasarkan Barang
* Laporan Terima Gudang Berdasarkan Supplier
* Laporan Retur Gudang Berdasarkan Barang
* Laporan Retur Gudang Berdasarkan Supplier
* Laporan Penerimaan Petugas
* Laporan Barang Masuk
* Laporan Pembuatan Purchase Order (PO)
* Laporan Terima Barang
* Laporan Pengembalian Barang
* Laporan Apotik
* Laporan Barang Keluar
* Laporan Stok Minimum/Kritis Gudang

Comments
11 Responses to “SISTEM INVENTARIS OBAT”
  1. yan mengatakan:

    Mas boleh minta tolong bisa g ngasih ptunjuk soalnya Skripsi saya menggunakan VB tentang sistem penjualan obat dan alat kesehatan. . .thank’s before aslkm

  2. DEMIANUS EDOWAI mengatakan:

    aku minta mohon bantu dalam merancang sistem informasi pencatatan obat dalam rangka menyukseskan sikripsi akhir ini tolong ……ya?.

  3. krida85 mengatakan:

    #DEMIANUS EDOWAI : sebelum anda menyusun data base, sebaiknya anda melihat kebutuhan yang di perlukan dalam penyusunan data base, catatan” sebagai mahasiswa anda harus paham RDMBS dan penyusunan entitas dan atribut , setealahnya tentukanlah relasi antar tabel” ini bagian terpenting dalam penyusunan RDBMS, apakah one to one , one to many atau many to many

  4. Rahma mengatakan:

    minta tolong dong..aku lagi binggung banget..klo DSS dalam pengadaan obat kira-kira data yang dibutuhkan apa saja yach..untuk sidang nich..saya sudah binggung…maksudnya data eksternal dan data internalnya???
    tolong yach…makasih

  5. Rahma mengatakan:

    oh iy ketingalan bagaimana juga dengan kegiatan diaolognya yang baik..makasih

  6. annisa mengatakan:

    ada source codenya ga mas

  7. annisa mengatakan:

    ana lagi jatuh cinta banget nech ama ci, bisa kirimkan email ga mas aplikasi yang make ci

    http://securehacklink.org

  8. abdul mengatakan:

    mas slm perkenalan, mas aq blh mnt source code sistem inventory obat nga

  9. abdul mengatakan:

    & utk downloadnya di mn yach

  10. hartanto mengatakan:

    salam kenal mas
    mas, ini saya juga lagi bikin Tugas Akhir, Inventory Obat pada apotek

    saya mau tanya untuk penganan obat expire. itu gmn mas ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: