Pengenalan codeigniter framework

sebelum anda menggunakan codeigniter di komputer apa saja yang perlu di persiapkan untuk menjalankan framework codeigniter, saya anggap anda memulai dan belajar pemrograman web dari nol, yang perlu anda siapkan adalah apache server,php dan mysql. untuk mempermudah intalasi saya sarankan anda menggunakan xampp, download xampp disini setelah anda download xampp for windows silahkan intalasi xampp , proses intalasi xampp di windows sangat mudah , seperti intalasi program-program aplikasi yang lain.

setelah xampp anda terinstall silahkan jalankan program dengan cara panggil lewat browser localhost/xampp/

oke saya anggap anda sudah bisa menjalankan intalasi xampp di komputer anda, selanjutnya kita akan membahas bagaimana menjalankan framework codeigniter dari hal yang paling mudah.

Secara umum, framework menggunakan struktur MVC (Model, View, Controller).

Jika saya gambar kan, kira-kira seperti ini :

Input > Processing > Output = Controller > Model > View

Model

Model mencakup semua proses yang terkait dengan pemanggilan struktur data baik berupa pemanggilan fungsi, input processing atau mencetak output ke dalam browser

Controller
Controller mencakup semua proses yang terkait dengan pemanggilan database dan kapsulisasi proses-proses utama. Jadi semisal di bagian ini ada file bernama member.php, maka semua proses yang terkait dengan member akan dikapsulisasi/dikelompokan dalam file ini.

View
View mencakup semua proses yang terkait layout output. Bisa dibilang untuk menaruh template interface website atau aplikasi.

Setelah CI di download, taruh dalam htdocs. Jika anda menginstall XAmpp di folder C:/ Program Files maka alamatnya adalah C:/Program Files/xampp/htdocs/codeigniter_1.6.1

Nah, yang perlu anda perhatikan 3 folder penting :
/system/application/model
/system/application/controller
/system/application/view

jadi, semua file yang terkait dengan website atau aplikasi anda, masing-masing harus ditaruh di ketiga folder ini sesuai dengan fungsinya masing-masing.
Aturan Penulisan Fungsi

Karena CI menggunakan Object Oriented Programming (OOP), maka yang perlu diingat bahwa penulisan nama class utama harus menggunakan huruf besar di awal dan disimpan dengan nama yang sama ,tetapi menggunakan huruf kecil semua.

Sebagai contoh, silahkan buka file /system/application/controllers/welcome.php

class Welcome extends Controller {
function Welcome()
{
parent::Controller();
}

function index()
{
$this->load->view(’welcome_message’);
}
}

Aturan ini berlaku untuk semua file yang terkait dengan class fungsi. Sedangkan jika didalamnya terdapat fungsi-fungsi lain, boleh menggunakan huruf kecil saja atau huruf besar. Tetapi perlu diingat bahwa PHP sangat Case Sensitive, jadi berhati-hatilah dalam menggunakan nama fungsi.
Konfigurasi

Selanjutnya, dalam folder /system/application/config/ ada beberapa file yang perlu anda ubah supaya CI bisa berjalan dengan baik.

config.php
Isi alamat pemanggilan di browser. Dalam contoh ini alamatnya adalah http://localhost/codeigniter
$config[’base_url’] = “http://localhost/codeigniter”;

database.php
Isi hostname, username, password dan nama database yang digunakan.

autoload.php
File ini berfungsi untuk memanggil secara otomatis fungsi-fungsi yang sudah disediakan CI atau yang anda buat tanpa harus memanggillnya dalam aplikasi anda. Dalam kasus ini, kita akan memanggil fungsi database secara otomatis sehingga setiap fungsi lain yang menbutuhkan fungsi database cukup dengan menggunakan perintah $this->db
Kira-kira seperti ini isinya :
$autoload[’libraries’] = array(’database’);

routes.php
Variabel ini digunakan untuk menentukan nama file utama yang digunakan sebagai ekeskutor utama website atau aplikasi. Contoh secara defaultnya adalah file welcome.
$route[’default_controller’] = “welcome”;

Silahkan buka folder /system/application/controllers/, pasti anda menemukan file yang bernama welcome.php. File ini yang disebut sebagai eksekutor utama dari proses secara keseluruhan. Bisa dibilang ‘index’ nyalah.
Execute

Oke…sekarang coba panggil melalui browser anda dengan alamat http://localhost/codeigniter/ (Codeigniter hanya sebagai contoh. Anda bisa merubah dengan nama yang anda inginkan)
Jika berhasil, akan tampil gambar seperti ini :
REVIEW

semoga anda paham

salam dari krida prasetya

Comments
7 Responses to “Pengenalan codeigniter framework”
  1. terry mengatakan:

    susah,,,,,,,,,,,,,,,, w gak ngeti

  2. gotea001 mengatakan:

    Hm, enak sih codeigniter.. dah banyak prejectnya.. tapi mo bikin framework sendiri aja ah..😀

  3. krida mengatakan:

    kalau mau buat framework sendiri monggo” kalau bisa di publikasikan dengan baik supaya bisa bermanfaat

  4. gaptek mengatakan:

    kk saya newbie di konsep framework, dan mau nanya.
    saya sudah install xampp di windows dan berhasil berfungsi dgn baik.
    gimana caranya kl saya membuat lebih dari satu aplikasi web? apakah codeigniternya hanya perlu diinstall sekali saja untuk seluruh aplikasi web yang saya buat atau saya perlu menginstall codeigniter untuk masing-masing aplikasi web yang saya buat?
    ex: di htdocs saya sudah ada beberapa aplikasi web yang saya taruh di masing2 folder berbeda: app_absen, app_penjualan, app_perpus, dll. semua web aplikasi tersebut sudah selesai saya develop dan berjalan dengan baik (sejauh ini). gimana kalau saya ingin mengimplementasikan codeigniter utk seluruh aplikasi web yang sudah saya buat tersebut?
    Mohon pencerahannya yah… thx.

  5. krida85 mengatakan:

    # gaptek” : sebenarnya framework hanyalah sebagai tools agar mempermudah kita menggerjakan suatu program atau sistem iformasi yang kita buat,memang benar kita bisa membuat lebih dari bermacam2 aplikasi dalam satu framework, karena framework seperti codieigniter sendiri mendukung proses tersebut”, yang jelas bagi para newbie yang ingin belajar framework saya menasehatkan agar benar-benar paham dan mengerti dan belajar html , css , java script data base (mysql) dan yang terpenting php itu sendiri, setelah it memahami dengan benar konsep MVC di codeigniter, butuh pengorbanan keras untuk belajar itu semua” terus semangat ya, karena banyak totorial yang membahas tentang itu semua

  6. rekoyunasril mengatakan:

    Wah mas ….Mau nyoba ni…..mohon bimbinganya..

  7. rekoyunasril mengatakan:

    Huh susah juga ya…..tapi gpp di coba lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: