Pengetahuan dan Ketrampilan

Seringkali kita kurang menyadari perbedaan antara pengetahuan dan ketrampilan. Padahal, dalam pemanfaatannya, pengetahuan dan ketrampilan bisa jadi sangat berbeda. Seseorang yang mempunyai pengetahuan tinggi, belum tentu mempu menerapkan pengetahuannya tersebut, sampai dia terjun untuk menerapkannya dan ini membutuhkan waktu tersendiri, yang sering diukur dengan “Jam Terbang”, sementara itu, pengetahuan seringkali diukur dari berbagai ujian atau test. Oleh karena itu seorang Doktor muda. dalam bidang manajemen, misalnya, belum tentu mampu menangani masalah-masalah manajerial di suatu perusahaan dengan ukuran sedang-sedang saja.

Orang yang mempunyai pengetahuan dan orang yang mempunyai ketrampilan ini, sering dikaitkan dengan ahli, dan praktisi. Seorang ahli, bisa saja menjadi praktisi, dan trampil setelah dia mempunyai “jam terbang” yang mencukupi untuk menjadi trampil.

Untuk menjadi seorang profesional, dibutuhkan baik pengetahuan, ketrampilan maupun sikap yang memadai untuk profesi tertentu.

http://tiensribimawati.uni.cc/

Comments
3 Responses to “Pengetahuan dan Ketrampilan”
  1. faisol muhammad mengatakan:

    wah, bagus banget tulisan/kritik ini. Aku merasa KO, banyak pengetahuan tapi tanpa keterampilan. ya…ya… thank you, saya sedang mulai memperagakan keterampilan berdasar ilmu yang saya miliki. Lebih bagus lagi: Ilmu pengetahuan —> Keterampilan —-> Hasil karya (produk atau jasa)—> Hasil karya + Inovasi—-> Dimanfaatkan (orang lain atau konsumen) —-> Hasil akhir (Uang atau kepuasan)

  2. krida mengatakan:

    #faisol muhammad : selamat berjuang aja ya mas” semua butuh proses pengetahuan ibarat ilmu, ketrampilan ibarat amal, semua butuh kerja keras agar bisa menghasilkan hasil akhir yang baik baik berupa kebahagian dunia maupun akhirat

  3. madzz mengatakan:

    salam kenal……tukeran link yukkkkkkk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: