BERKENALAN DENGAN FRAMEWORK CODEIGNITER

Beberapa minggu yang lalu, saya mulai membangun aplikasi sistem informasi iventaris barang di universitas terbesar di jawa tengah, (muhammadiyah universty),ada yang beda dalam pembuatan sistem informasi berbasis web iventaris barang tersebut, karena kami mencoba mengapliksikan ilmu kami di bidang framework kususnya framework codeigniter, sebeanarnya tawaran awal sih,harus menggunakan cake php framework tapi setelah ditimbang-timbang mending pakai salah satu Framework PHP yang bernama CodeIgniter (CI) ini. Kenapa?

Pertama-tama sih karena melihat user guide dan kemudahan yang di tawarkan oleh codeigniter dan juga forum yang bagus. sehingga dapat mempermudah dalam pembuatan proyek kami .

Setelah baca beberapa artikel, baca di user guide ternyata CI ini menggunakan sistem Model-Viewer-Controller (MVC) dan memang cirikhas dari pemograman berbasis framework adalah dengan motode (mvc), dengan aturan-aturan yang jelas dalam model->view->controller ini akan memudahkan kita dalam proses pembuatan program tersebut(dengan catatan kita harus paham dan mengerti bagaimana proses dan prosedur kerja (MVC))

Selain itu, para developer CI yang sangat apik dalam mengembangkannya, juga mempermudah para pengguna CI ini dengan memberikan support yang sangat memadai. Mulai dari dokumentasi penggunaan yang sangat lengkap, fitur pencarian glossary yang mudah, hingga layanan forum sebagai wadah berkumpulnya komunitas pengguna framework PHP ini.

Lalu apa hubungannya dengan bagian kesukaanku, yaitu web design? Ternyata sistem MVC sangat mempermudah pengguna dalam pemisahan bagian programming dan design sewaktu membangun web. Dengan sistem ini, penggunanya tidak perlu banyak memanaskan otak untuk mengintegrasikan antara web-design dengan pemrogramannya.

sebenarnya untuk pemula dan orang yang ingin belajar pemograman dunia web, sudah seharusnya mengenal framework,walaupun di jaman sekarang bermunculan CMS tapi yang mempermudah pembuatan web, tapi untuk keperluan tertentu kita harus coding sendiri program kita.

bagi anda yang sudah memiliki basic pemograman web insyallah akan mempermudah anda mempelajari framework code igniter, bagi anda yang belum bahkan baru belajar dunia web, sudah saatnya anda belajar dan menggunakan kemudahan yang ditawarkan framework codeigniter,

sebenarnya yang pertama perlu anda siapkan untuk bisa mahir framework codeigniter adalah sikap mau belajar dan terus belajar dan selalu ikut forum yang terdapat di framework codeigniter yang dapat membantu jika terjadi masalah dalam coding

Kalo kamu seorang yang web developer, sebaiknya coba berkenalan deh dengan framework PHP yang satu ini.

Comments
6 Responses to “BERKENALAN DENGAN FRAMEWORK CODEIGNITER”
  1. perempuan mengatakan:

    okee… boss😀

  2. Ilham mengatakan:

    aku ga sengaja buka blog ini rupany ada artikel framework yg sedang aku plajari,Makasih ya atas artikelnya!, salam kenal

  3. krida85 mengatakan:

    #perempuan : okee juga

    #ilham : insyaallah semoga bisa belajar codeigniter terus, mudah kok asal mau, latihan dan latihan dan latihan terus

  4. Boohin mengatakan:

    Terimakasih atas info yang anda berikan semoga bermantaat.. bagi saya yang ingin mempelajari codeigniter

  5. agus mengatakan:

    wehh… nambah penasaran framwork ci, ada yg punya dokumentasi bhs indonesia step by stepnya qa ya ???

  6. newbie mengatakan:

    ada source codenya tidak yang koneksi ke databse
    newbie ni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: