OTOMATISASI BUKA PINTU MENGGUNAKAN BARCODE

OLEH ALWI KURNIAWAN (MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO UMS)
bg_date8.jpgbg_date8.jpgbg_date8.jpgbg_date8.jpgbg_date8.jpgbg_date8.jpgbg_date8.jpgbg_date8.jpgbg_date8.jpg

Sistem keamanan dibuat untuk menghindari adanya kejahatan di kantor maupun di rumah. Biasanya sistem keamanan dibuat pada pintu masuk, supaya membatasi akses orang yang tidak berkepentingan.

Proses buka tutup pintu pada awalnya dilakukan secara manual, namun dengan meningkatnya tindakan kriminalitas dibutuhkan sistem pengaman pintu yang baik dan pintu dapat bekerja secara otomatis dengan mempertimbangkan aspek pembiayaan agar tetap murah

Sistem keamanan pada pintu masuk yang sudah dibuat saat ini adalah dengan memasang security kamera pada pintu masuk. Dimana pintu akan dibuka jika pengguna mengijinkan orang tersebut masuk. Kelebihan sistem ini adalah pintu masuk dapat selalu diawasi, namun kelemahannya adalah memerlukan orang untuk membuka dan menutup pintu. Sistem yang lain adalah dengan cara memasukkan password lewat keypad. Dimana pintu akan membuka jika pengguna memasukkan kode yang benar. Kelebihan sistem ini adalah pintu akan terbuka dan tertutup secara otomatis, namun kelemahannya adalah pengguna harus selalu mengingat kode passwordnya dan pemilik gedung atau rumah tidak mengetahui siapa saja orang yang telah masuk.

Dengan demikian, sangat berarti sekali jika proses pengawasan setiap orang yang keluar dan masuk pintu dibantu dengan penerapan teknologi, agar efisiensi dan proses pengawasannya lebih terstruktur dan lebih baik, penulis ingin merancang dan membuat sistem keamanan pada pintu masuk dengan sistem barcode disertai program perekam data siapa saja yang telah masuk pada gedung. Sistem ini lebih praktis karena pengguna tinggal membawa kartu pengenal yang sudah didaftarkan. Dan pemilik gedung dapat melakukan pengawasan dengan melihat program yang menampilkan siapa saja yang telah masuk gedung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: