Modal 60 Juta Cuma Punya 5 Juta

Saya mulai tertarik berbisnis lagi sekitar awal 2006. Saya pernah berbisnis IT sampai tahun 2003 tapi tutup dengan sukses. Kemudian saya bertekad full jadi karyawan karena merasa capek berbisnis. Eh.. dasar nggak cocok jadi karyawan kali ya ? Awal 2006 gatel pingin bisnis lagi. Sebabnya kenapa ? Sama dengan yang dulu-dulu nggak puas jadi karyawan. Saya merasa terkungkung dan merasa yang saya dapatkan kurang sesuai harapan.

Semangat saya untuk berbisnis tidak terbendung meskipun saya belum tahu mau bisnis apa. Apalagi setelah ikutan milis-milis di internet, baca artikel di purdiechandra.com, lihat DVD seminar Pak Purdie dan juga baca banyak buku kewirausahaan.

Akhirnya saya tempuh jalan termudah. Di sekitar saya banyak pedagang mebel termasuk orang tua. Tapi saya sama sekali tidak kenal dunia yang sudah membiayai sekolah saya sampai jadi sarjana. Ortu tidak mengijinkan saya ikut-ikutan mebel karena mereka ingin punya anak yang kerja kantoran katanya agar bisa mengangkat martabat orang tua. Klasik ya ?

Saya putuskan berbisnis mebel. Tapi ada kendala lagi saya tidak punya tanah untuk mengerjakan mebel dan tidak punya toko untuk mendisplay. Nggak perduli pokoknya jalan dulu. Saya surfing di internet cari model furniture yang menurut saya cocok untuk pasar lokal. Model didapat dan saya cetak beberapa foto. Saya pergi ke Pulau Bali untuk cari pelanggan dengan hanya berbekal foto tadi. Terpaksa saya ajak Bapak yang lebih tahu dunia mebel. Akhirnya dapat satu pelanggan cukup besar. Mereka minta sample dulu. Singkat cerita sample selesai, dikirim dan uhuuyyyy… sample diterima order pertama datang. Wow….diluar dugaan….

MODAL MEPET … PET …PET
Usaha furniture memerlukan modal yang cukup besar. Hitung-hitungan saya untuk memulai usaha agar lancar adalah sekitar 60 jt karena saya memilih menjadi produsen jadi saya juga harus memperhitungkan pembayaran pelanggan yang mundur 1 bulan. Tapi apa daya saya hanya punya uang 5 jt. Sisanya cari dari mana ? Saudara,teman dan jual motor kesayangan. Motor dijual, laku 6 jt saya beli lagi secara kredit. Itu saja yang ada di pikiran saya. Sebenarnya saya sempat pinjam ke bank tapi bank hanya mau kasih pinjaman kalau usaha sudah jalan minimal 1 tahun. Akhirnya saya dapat teman dan saudara yang mau invest, total sekitar 27 jt yang 6 jt dari motor buat persiapan tempat dan peralatan.

PERIODE PUSING
Untuk Pengiriman pertama ternyata saya butuh total 32 jt. Jadi modal saya masih kurang 5 jt. PUSIIIIIIING… tapi nggak putus asa. Kami pinjam ke beberapa teman. Ternyata masih bisa. Alhamdulillah…akhirnya pengiriman pertama lancar.

Periode pusing berikutnya…. Pembayaran dari pelanggan adalah setengah dibayar dalam waktu 2 minggu, sisanya setelah 1 bulan. Itupun setalah kami nego habis-habisan. Pelanggan minta pembayaran 1 bulan. Untung istri saya jago melobi. Untuk hal ini perempuan memang hebat.
Oke, setelah pengiriman pertama saya masih ada 2 minggu sebelum dapat setengah pembayaran. Jadi saya masih perlu sekitar 16 jt untuk produksi. Darimana ya ? … Ternyata ada jalan….tapi agak lucu. Karyawan saya ada yang sok jagoan dipikir karena kami pemain baru bisa disetir seenaknya. Dia minta kenaikan upah…semua upaya negosiasi buntu. Akhirnya dia saya berhentikan. Tapi malah agak membantu… ada waktu 2 minggu sebelum saya dapat pembayaran pertama. Saya cari karyawan pengganti, akhirnya dapat. Pas kami dapat pembayaran langsung joss produksi lagi…

Selain itu saya juga atur jadwal pemesanan dan pembayaran ke pengrajin. Beberapa saya bayar setelah 1 minggu ada yang 2 minggu bahkan 3 minggu. Lumayan agak membantu.
Tapi ternyata masih ada lagi yang bikin pusing. Pelanggan minta volume pengiriman ditambah… modal kami kurang lagi. Kira-kira kurang 7 juta. Alhamdulillah…pusing sih tapi ini kan pertanda baik.Tambahan dana darimana ? Ternyata Allah masih kasih jalan…tiba-tiba ada teman mau invest. Dapat 4 jt masih kurang 3 jt. Pinjam teman lagi dapat 2 jt. Kurang 1 jt, nggak masalah ini bisa di atur dengan payment term dan penjadwalan pesanan. Kalau terpaksa bisa ambil dari kartu kredit.

Sekarang usaha sudah mulai lancar, yang pusing pusing tadi sudah mulai mereda. Saya ikut Entrepreneur Camp yang diadakan oleh Pak Jaya mentor EU untuk merubah mindset wirausaha yang positif. Saya juga sedang ikut EU Surabaya Angkatan 20 dengan tujuan ingin mempercepat bisnis saya, juga saya ingin meninggalkan dunia karyawan yang masih saya geluti sampai saat ini.

Comments
One Response to “Modal 60 Juta Cuma Punya 5 Juta”
  1. doni mengatakan:

    salam kenal ya

Tinggalkan Balasan

