Bertanggungjawablah 100% Terhadap Diri dan Bisnis Anda

Itulah kata kunci yang saya dapatkan dari keseluruhan seminar Self-Made Millionaire yang dibawakan oleh Adam Khoo kemarin di Hotel Ciputra Jakarta.

Adam Khoo membuktikan dirinya sebagai seorang self-made millionaire yang memulai bisnisnya betul-betul dari nol. Ia berhasil mencatatkan diri sebagai millionaire di usia 26 tahun.

Ia juga menjelaskan secara gamblang dan contoh kasus dari The Ultimate Succes Formula yang juga diadopsi sebagai kurikulum TDA yang kita sebut DSA ini, yaitu:

1. Beliefs
2. Goal
3. Strategy
4. Action

Bagi yang sudah baca ikut bedah buku Master Your Mind Design Your Destiny tentu sudah paham dengan formula itu. Saya tidak jelaskan di sini. Bagi yang belum paham, sebaiknya segera anda beli dan baca bukunya.

Dalam perjalanan merintis bisnis, it’s okey to make a mistake, katanya. Asal kita selalu belajar darinya, tidak pernah menyerah, lakukan lagi dan satu lagi: ubah strateginya. Orang yang mengharapkan hasil yang berbeda dengan usaha yang sama adalah orang bodoh, kata Einstein.

Satu hal lagi yang paling penting adalah: kita harus selalu bertanggung jawab 100% terhadap diri dan bisnis kita.

Sebagian besar orang cenderung melakukan 3 hal ini ketika menemui masalah: Excuse (pembenaran), Blame (menyalahkan) dan Complain (berkeluh kesah).

Orang seperti ini adalah pemain di bawah garis (below the line), para pecundang, para korban (victim) yang menganggap masalah yang dihadapinya adalah karena kesalahan orang lain, karena kesalahan pemerintah, karena kesalahan orang tua dan sebagainya.

Orang seperti ini tidak akan ke mana-mana hidupnya. Ia hanya berjalan di tempat atau berputar-putar tanpa arah tujuan.

Jika ingin perubahan dalam kehidupan kita, lakukan hal ini pertama kali: ubahlah diri anda sendiri dulu. Ubahlah mind set kita. Ubahlah belief (keyakinan kita) yang menghambat selama ini. Jadilah pemain di atas garis (above the line). Bertanggung jawablah 100% terhadap diri dan bisnis anda. Inilah kebiasaan dan belief dari para pemenang (victor). Mereka memegang kekuatan dan kontrol terhadap dirinya dan masa depannya.

Mungkin itu sedikit yang bisa saya sharing dari sekian banyak materi penting dan mencerahkan di seminar itu. Yang jelas acara kemarin begitu menarik, mencerahkan, membuka pikiran.

Acara tersebut tergolong sukses dihadiri sekitar 700 orang, mengingat ini adalah seminar besar pertamanya di Indonesia dan dalam bahasa Inggris.

Selamat dan sukses untuk Pak Simon dari The Prime Consulting. You are the best. Tidak salah kalau saya sebut sebagai the number one seminar organizer di Indonesia. Terima kasih ata kerja sama dan kontribusinya kepada TDA selama ini.

Salam FUUUNtastic!
Take 100% Responsibility. Jadilah victor, bukan victim.

Wassalam,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: